JAKARTA, KOMPAS.com –Piranti lunak (software)Animasi
Matematika dapat
mendorong semangat, meningkatkan minat, serta menghasilkan prestasi siswa dalam
mata pelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan.
Software Animasi
Matematika untuk
membantu para siswa belajar matematika tersebut dikembangkan Suwato Komala,
seorang dosen. Animasi
Matematika diluncurkan
di Jakarta, Kamis (5/7/2012) ini.
Animasi Matematika mengkombinasikan pendekatan model
pembelajaran ,yang berfokus kepada siswa (student centered) dalam
lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment)
yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information).
Animasi Matematika kini telah menampung lebih dari
ribuan contoh soal, berikut pembahasannya, sebagai referensi siswa, sehingga
dapat mendorong kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu
penguasaan materi.
Tidak hanya itu, software ini juga mampu melakukan
penilaian (scoring)
atas hasil kerja siswa, sehingga guru dan orang tua dapat melihat langsung
perkembangan siswa secara berkesinambungan.
“Selama lebih dari 30
tahun mengajar dan 15 tahun terakhir menyusun program ini, saya telah banyak
menyaksikan tantangan dalam proses belajar-mengajar matematika, baik terhadap
siswa, guru bahkan orang tua. Seringkali permasalahan yang dihadapi adalah pada
semangat dan minat belajar siswa dan pendekatan yang diambil guru dan orang
tua,” ungkap Suwato.
Animasi Matematika ini
tersedia bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA,
sampai SMK (akuntansi/pariwisata/teknologi) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
Layaknya software yang banyak tersedia, software ini akan
diupdate secara berkala, terutama memberikan free
update soal-soal UN
(ujian nasional) beberapa tahun terakhir, dan yang terbaru serta menyajikan
pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar